RANCANGAN AKSI NYATA
Judul
Modul :
Praktik Baik Belajar
Nama
Peserta : Nopidha Ardyansah, S.Pd.
Latar Belakang :
1. Salah satu tujuan penting pembelajaran adalah untuk
mengembangkan potensi siswa.
2. Pendekatan pembelajaran yang dapat mengembangkan
potensi tersebut antara lain Pendekatan Belajar Aktif
3. Guru sangat perlu memiliki pemahaman yang baik tentang
pendekatan tersebut untuk mendukung peran penting mereka dalam mengembangkan
potensi siswa.
Tujuan :
1. Mengenal unsur-unsur pembelajaran aktif
2. Mengidentifikasi
contoh-contoh kegiatan pembelajaran untuk tiap unsur pembelajaran aktif
Tindakan yang akan dilakukan :
1) 1) Menerapkan unsur
Pembelajaran Aktif dalam pembelajaran di kelas
1. a. Mengalami :
artinya siswa melakukan ( Do ) dan siswa mengamati
( Observing ) dalam pembelajaran
2. b. Interaksi :
artinya Siswa bertukar gagasan atau ide dengan siswa lain
3. c. Komunikasi: artinya Siswa menyampaikan gagasan, pikiran atau perasaan kepada siswa lain
4. d. Refleksi : artinya Proses memikirkan makna dari belajar yang dialami, baik yang terkait materi yang dipelajari maupun pengalaman belajarnya
2) Tindakan
dilaksanakan pertengahan Bulan November 2020
3) Jumlah siswa yang
mengikuti pembelakaran 32 siswa
4) Pelaksanaan di
SMP Negeri 7 Purwokerto Kabupaten Banyumas
Tolok Ukur :
1. Siswa adalam belajar akan melibatkan banyak indera sehingga
pemahaman konsep akan lebih mantap
2. Siswa akan terdorong
untuk bereaksi terhadap pendapat siswa lain dan dapat menimbulkan refleksi pada
diri siswa lain tersebut
3. Siswa akan termotivasi untuk berani dan lancar dalam mengungkapkan gagasan atau pikiran perasaanya
4. Akan dapat memunculkan sikap untuk mau menerima kritik dan
memperbaiki diri, baik gagasan, hasil karya maupun sikapnya.
Dukungan Yang Dibutuhkan :
1. 1. Alat : LCD
Projector, Laptop, Mouse, Kertas Plano,Buku, Spidol
2. 2. Bahan : Bahan
Ajar dan Media Pembelajaran
3. 3. Tenaga : Kepala Sekolah, Wali Kelas, Siswa
4. 4. Cara mendapatkan dukungan tersebut adalah
1) Minta
ijin dan dukungan kepada kepala sekolah untuk melaksanakan pembelajaran aktif
di kelas
2) Komunikasi
kepada wali kelas pada kelas yang bersangkutan untuk merubah posisi tempat
duduk siswa dan ijin menempel hasil diskusi kelompok siswa pada papan pajangan
informasi kelas sebagai motivasi dan sumber belajar siswa di kelas.
Terima Kasih