AKSI NYATA
BELAJAR
DENGAN HATI DAN MENYENANGKAN
Oleh
PGP-1-Kabupaten Banyumas- Nopidha Ardyansah-1.3-Aksi Nyata
Pentingnya perubahan
positif dalam lingkungan sekolah untuk mewujudkan visi merdeka belajar dengan
pendekatan Inkuiri Apresiatif ( IA ) yaitu merupakan pendekatan manajemen
perubahan yang kolaboratif & berbasis kekuatan. Pendekatan Inkuiri
Apresiatif sangat sejalan dengan frasa kodrat alam & kodrat zaman Ki Hajar
Dewantara. Kodrat dalam diri anak berupa tulisan samar, ada yang bersifat
positif maupun negatif. Kedua paradigma tersebut fokus pada kodrat positif.
Dimana seorang pendidik harus bisa melihat sisi positif anak, membantu mengembangkannya
dan menyamarkan sisi negatifnya tanpa mengesampingkan kodrat anak. Saat ini
guru perlu menggali kekuatan siswa melalui kemampuannya dalam mengoperasikan
alat teknologi seperti HP/Laptop dengan memanfaatkan alat tersebut untuk
berinovasi sesuai karakter pembiasaan yang (telah ) dilakukan.
Guru dalam proses pembelajaran menyampaikan materi dengan media pembelajaran yang menarik, interaktif dan inovatif yang didukung dengan IT. Siswa mengapresiasi apa yang telah disampaikan oleh guru sehingga guru memiliki pemikiran untuk menggali potensi kekuatan kekuatan siswa dalam kemampuannya bermain gadget HP/Laptop yaitu dengan memberikan tugas membuat presentasi atau poster yang menarik berkaitan dengan materi pelajaran Interaksi Sosial untuk kelas VII dan Globalisasi untuk kelas IX dengan memamnfaatka aplikasi online yang mereka kuasai.. Tujuannya adalah mewujudkan profil Pelajar Pancasila yang kreatif, mandiri dan bernalar kritis dan mewujudkan Merdeka Belajar.
Ternyata siswa mampu membuat media presentasi online dan membuat poster dengan baik meskipun konten dan desain kurang sempurna. Siswa sangat senang dan termotivasi dalam belajar terutama untuk penugasan yang berkaitan dengan aplikasi online yang disediakan oleh internet. Hal ini memunculkan energi positif bagi siswa dalam menggunakan gadget. Pelajaran lain yang didapatkan adalah siswa dapat belajar dimana dan kapan saja dengan memanfaatkan media aplikasi online untuk membuat sebuah poster atau presentasi dengan lebih baik lagi..Siswa menjadi kreatif dalam menggunakan teknologi yang sedang berkembang dan hasil karya siswa tersebut dijadikan perbaikan hasil belajar siswa untuk meningkatkan prestasi belajar.
Dengan hasil tersebut untuk dapat menghasilkan karya siswa yang lebih baik dan menarik, guru akan memberikan contoh bagaimana membuat prsentasi online dan membuat poster dengan aplikasi online yang memang digunakan untuk itu. Sehingga dalam penugasan lain dalam kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan tugas presentasi maupun poster siswa dapat mandiri, berkreasi serta mungkin berkolaborasi dengan rekan sesame siswa untuk menghsilkan karya yang brmakna sebagai wujud adri merdeka belajar.
Untuk itu dukungan dari
guru, wali kelas dan orang tua siswa dalam mengembangkan kreaktivitas siswa sangat
diperlukan sekali. Sehingga siswa akan dapat menemukan jati dirinya menjadi
siswa yang kreatif dan tanggap teknologi sesuai dengan profil pemuda Pancasila.
No comments:
Post a Comment